ABSTRAK – PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FRAUD (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Hasanuddin)

Daftar Isi >> Abstrak >> Bab I Pendahuluan >> Bab II Landasan Teori >> Bab III Metoda Penelitian >> Bab IV Tinjauan Umum Objek Penelitian >> Bab V Pembahasan >> Bab VI Penutup >> Lampiran Kuisioner

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Hasanuddin terhadap fraud. Mahasiswa-mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2007 dan 2008. Sebagai konsekuensinya, hal ini akan menyebabkan perbedaan persepsi terhadap fraud.

Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang terpilih. Kriteria responden adalah mahasiswa akuntansi yang telah dan sementara mengambil mata kuliah audit 1, audit 2 dan sistem infomasi akuntansi serta mahasiswa yang tidak mempunyai gejala gangguan jiwa serta dapat bekomunikasi dengan baik. Tingkat pengembalian kuesioner adalah 83 persen atau sebanyak 83 kuesioner dari 100 yang disebarkan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa akuntansi Universitas Hasanuddin terhadap fraud adalah positif, yaitu dari jumlah keseluruhan responden yang menjawab, sepakat bahwa fraud adalah suatu tindakan yang tidak dibenarkan karena hal tersebut merupakan pelanggaran kepercayaan diri (fiduciary diuty), dapat membahayakan kebutuhan manusia yang paling dasar: kebutuhan ekonomi dan kebutuhan untuk kehidupan sosial, kurang konsistennya lembaga hukum dalam memberantas kasus-kasus fraud serta adanya kelalaian yang signifikan dari sisi akuntansi dan auditnya. Selain itu, penulis juga melihat tidak ada perbedaan secara signifikan persepsi mahasiswa dalam memandang fraud sebagai suatu tindakan  yang  tidak dibenarkan.

Kata kunci: Mahasiswa, persepsi, Fraud

7 thoughts on “ABSTRAK – PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FRAUD (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Hasanuddin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s