Persepsi Mahasiswa Akuntansi dan Praktisi Terhadap Akuntan Syariah (BAB V : PENUTUP)

Daftar Isi dan Daftar Pustaka >> Bab I Pendahuluan >> Bab II Landasan Teori >> Bab III Metode Penelitian >> Bab IV Pembahasan >> Bab V Penutup >> Lampiran Kuisioner

BAB V
PENUTUP

5.1  Simpulan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dan praktisi akuntansi syariah terhadap praktisi akuntansi syariah dengan melakukan studi empiris pada mahasiswa akuntansi Universitas Hasanuddin dan praktisi akuntansi syariah di bank-bank syariah di wilayah Makassar.

Berdasarkan hasil analisis data penulis mendapatkan sejumlah kesimpulan, diantaranya adalah:

  1. Tidak terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa yang belum dan yang telah mengikuti mata kuliah akuntansi syariah terhadap praktisi akuntansi syariah.
  2. Terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa yang belum mengikuti mata kuliah akuntansi syariah dan praktisi akuntansi syariah terhadap praktisi akuntansi syariah.
  3. Terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah akuntansi syariah dan praktisi akuntansi syariah terhadap praktisi akuntansi syariah.

5.2  Keterbatasan Penelitian

Dalam melakukan penelitian ini, penulis menghadapi beberapa keterbatasan penelitian. Pengetahuan teknis yang terbatas merupakan faktor yang paling dominan dalam keterbatasan penelitian ini yang menyebabkan beberapa kekurangan mendasar dalam penelitian ini. Kekurangan-kekurangan itu antara lain alat analisis yang terbatas, kurangnya referensi yang mengkaji secara spesifik profesi akuntan di lembaga syariah. Penelitian ini juga tidak membahas faktor-faktor yang melatarbelakangi jawaban responden.

Penelitian ini menurut penulis kurang mewakili keseluruhan mahasiswa dan praktisi akuntansi syariah yang menjadi objek kajian dari penelitian ini. Dalam penelitian ini, hanya mahasiswa akuntansi universitas hasanuddin yang diteliti sedangkan mahasiswa-mahasiswa akuntansi dari universitas-universitas negeri dan swasta yang ada di Makassar tidak masuk dalam penelitian ini. Selain itu responden dari praktisi akuntansi syariah jumlahnya hanya sedikit. Hal ini terjadi dikarenakan waktu penelitian yang terbatas dan adanya sejumlah penolakan dari beberapa bank syariah di Makassar untuk dilakukan penelitian. Akan tetapi penetapan mahasiswa jurusan akuntansi universitas hasanuddin sebagai objek penelitian ini bukan semata hanya karena kemudahan dalam meneliti akan tetapi lebih pada kualitas pengetahuan yang dimiliki terkait dengan objek kajian dalam penelitian ini.

5.3  Saran

Penelitian ini masih membutuhkan beberapa perbaikan untuk dilakukan pada penelitian selanjutnya terkait dengan objek kajian yang sejenis dengan penelitian ini di masa mendatang, diantaranya dengan menambah beberapa variabel lain yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang penyebab adanya variasi jawaban sebagian kecil responden yang penulis peroleh jawaban kuisionernya.

Sampel responden juga sebaiknya lebih diperluas untuk mendapatkan keterwakilan yang lebih besar atas populasi penelitian yang diteliti. Perluasan ini dapat berupa cakupan geografis responden maupun perluasan jangkauan responden dari stakeholder terhadap penelitian yang sejenis dengan objek kajian penulis seperti dosen, nasabah dan dewan syariah.

6 thoughts on “Persepsi Mahasiswa Akuntansi dan Praktisi Terhadap Akuntan Syariah (BAB V : PENUTUP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s