//
you're reading...
Uncategorized

BAB III METODA PENELITIAN – PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FRAUD (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Hasanuddin)

Daftar Isi >> Abstrak >> Bab I Pendahuluan >> Bab II Landasan Teori >> Bab III Metoda Penelitian >> Bab IV Tinjauan Umum Objek Penelitian >> Bab V Pembahasan >> Bab VI Penutup >> Lampiran Kuisioner

BAB III

METODA PENELITIAN

3.1              Lokasi Penelitian

Untuk penelitian skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Hasanuddin. Alasan pemilihan sampel ini diharapkan mahasiswa-mahasiswa tersebut memiliki persepsi yang sama mengenai satu jenis fraud dan apa yang mendasari persepsi mereka.

3.2              Jenis dan Sumber Data

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data Kualitatif merupakan data non angka yang sifatnya deskriptif dalam bentuk informasi tulisan (kuisioner) yang diperoleh dari mahasiswa-mahasiswa yang berkompeten memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Dan data kuantitatif adalah data yang telah diolah dari jawaban kuisioner yang dibagikan kepada mahasiswa-mahaiswa Jurusan Akuntansi Universitas Hasanuddin yang penulis anggap berkompeten.

Sedangkan sumber data yang digunakan adalah :

1)      Data Primer, yaitu responden dimana penulis dapat memperoleh data secara langsung dari sumbernya yaitu Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Hasanuddin. Data primer dalam penelitian ini adalah data hasil dari kuisioner yang disebar pada responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini.

2)      Data sekunder, yaitu buku-buku, artikel ilmiah pendukung, dokumen dan sumber referensi lainnya yang relevan dengan variabel penelitian dimana penulis dapat memperoleh data secara tidak langsung dari sumbernya.

3.3       Populasi dan Sampel

Gumilar (1999: 20) mengutip Sugiyono menyebutkan bahwa populasi merupakan obyek atau subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Hasanuddin Makassar. Dalam penelitian ini tidak seluruh populasi yang diambil, mengingat jumlahnya yang banyak. Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan sampel, yaitu sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut.

Dalam penelitian ini, responden yang dipilih sebagai pengambilan sampel penelitian adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Hasanuddin yang memenuhi kriteria sebagai berikut :

1)      Mahasiswa akuntansi Universitas Hasanuddin angkatan 2007 dan 2008.

2)      Mahasiswa telah lulus  dan, atau sementara mengambil mata kuliah audit 1, audit 2 dan sistem informasi akuntansi.

3)      Mahasiswa tidak mempunyai gejala gangguan jiwa dan dapat berkomunikasi dengan baik. 

3.3       Metoda Pengumpulan Data

Untuk memperoleh data dan informasi yang relevan penulis menggunakan metoda penelitian sebagai berikut :

1)      Penelitian Kepustakaan (Library Research), yaitu Penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan dan mempelajari literatur-literatur yang ada hubungannya dengan penelitian skripsi ini. Hal tersebut dimaksudkan sebagai sumber acuan untuk membahas teori yang mendasari masalah dalam penelitian ini.

2)      Penelitian lapangan (Field Research), yaitu melakukan penelitan langsung di Jurusan Akuntansi Universitas Hasanuddin sebagai objek yang diteliti untuk mengamati lebih dekat hal-hal yang ada hubungannya dengan masalah dalam penelitian ini.

  1. Observasi : Meliputi pengamatan langsung ke objek penelitian dan instansi yang berkaitan dalam hal ini Mahasiswa-mahasiswa Akuntansi Universitas Hasanuddin dalam rangka mengamati dan memahami bagaimanakah persepsi mahasiswa terhadap praktik-praktik fraud.
  2. Kuisioner  : Membagikan  kuisioner kepada  mahasiswa-mahasiswa yang penulis anggap berkompeten dalam memahami masalah yang terkait dengan penelitian ini. Kuisioner yang diajukan kepada responden berupa daftar pertanyaan tertutup dan terbuka. Daftar pertanyaan tertutup berisi pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya telah disediakan dengan menggunakan skor 1 (sangat tidak setuju sampai dengan 5 (sangat setuju). Selanjutnya hasil yang diperoleh untuk masing-masing variabel akan dihitung dengan skala likert. Untuk daftar pertanyaan terbuka berisi pertanyaan yang jawabannya berupa pendapat yang disampaikan oleh responden.

a)      Jawaban A sangat setuju diberi score 5.

b)      Jawaban B setuju diberi score 4.

c)      Jawaban C ragu-ragu diberi score 3.

d)     Jawaban D tidak setuju diberi score 2.

e)      Jawaban E sangat tidak setuju diberi score 1.

3.5       Metoda Pengolahan Data

Selanjunya agar data yang digunakan dalam penelitian ini dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya (validitasnya) kehandalannya (reliabilitas), maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas data.

Langkah-langkah pengolahan data melalui tahapan sebagai berikut :

1)      Editing

Yaitu meneliti data yang diperoleh dari hasil pembagian kuisioner, untuk melihat apakah catatan-catatan tersebut sudah tertata baik dan siap untuk proses selanjunya.

2)      Coding

Yaitu upaya mengklasifikasikan jawaban-jawaban dari para responden menurut macamnya. Klasifikasi ini dilaksanakan dengan memberi tanda pada masing-masing jawaban.

3)      Tabulating

Yaitu proses penyusunan data ke dalam bentuk tabel. Jika sudah pada tahap ini maka dapat dilanjutkan serangkaian proses analisis yang diperlukan.

3.6       Metoda Analisis Data

3.6.1    Uji Validitas dan Reliabilitas Data

Sebelum pengambilan data dilakukan, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terhadap daftar pertanyaan yang digunakan dalam kuisioner.

1)      Uji Validitas

Uji validitas dalam penelitian ini digunakan untuk menguji kevalidan kuisioner. Validitas menunjukkan sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya (Saifuddin Azwar, 2000:5).

Teknik yang digunakan untuk menguji validitas kuisioner adalah corrected item-total correlation, Perhitungan ini akan dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 17 (Statistical Package for Social Scince).Analisis ini dilakukan dengan cara mengorelasikan masing-masing skor item dengan skor total.Untuk pengujian awal digunakan 40 orang sampel dengan 21 item pertanyaan kuisioner. akan tetapi dari jumlah tersebut yang dapat diolah hanya 35 kuisioner saja.

Dari hasil analisis didapat nilai korelasi antara skor item total yang dibandingkan dengan r table yaitu 0,334, dimana M1, SE1, H5 dan AA3 kurang dari 0,334. Karena kurang dari 0,334 (r tabel) maka disimpulkan bahwa untuk item pertanyaan M1, SE1, H5 dan AA3 ddinyatakan tidak valid. Sedangkan item lainnya nilainya lebih dari 0,334 dapat disimpulkan bahwa butir strumen tersebut valid.

                      Tabel 3.1 Uji Validitas Sementara

No.

Item

Corrected Item-Total Correlation

r tabel

Keterangan

1

M1

0,306

0.334

Tidak Valid

2

M2

0,466

0.334

Valid

3

M3

0,737

0.334

Valid

4

M4

0,733

0.334

Valid

5

M5

0,338

0.334

Valid

6

SE1

0,195

0.334

Tidak Valid

7

SE2

0,593

0.334

Valid

8

SE3

0,541

0.334

Valid

9

SE4

0,492

0.334

Valid

10

SE5

0,423

0.334

Valid

11

H1

0,491

0.334

Valid

12

H2

0,696

0.334

Valid

13

H3

0,628

0.334

Valid

14

H4

0,604

0.334

Valid

15

H5

0,285

0.334

Tidak Valid

16

AA1

0,606

0.334

Valid

17

AA2

0,437

0.334

Valid

18

AA3

0,286

0.334

Tidak Valid

19

AA4

0,553

0.334

Valid

20

AA5

0,491

0.334

Valid

21

AA6

0,583

0.334

Valid

   Sumber:  Hasil pengolahan data kuisioner sementara, 2010.

2)      Uji Reliabilitas

Reliabilitas adalah suatu indeks yang menunjukkan sejauh mana hasil suatu pengukuran dapat dipercaya (Saifuddin Azwar, 2000). Hasil pengukuran dapat dipercaya atau reliabel hanya apabila dalam beberapa kali pelaksanaan pengukuran terhadap kelompok subjek yang sama diperoleh hasil yang relatif sama, selama aspek yang diukur dalam diri subjek memang belum berubah (Saifuddin Azwar, 2000). Cara yang digunakan untuk menguji reliabilitas kuisioner adalah dengan menggunakan rumus koefisien Cronbach Alpha. dari data di atas diperoleh tingkat reliabilitas sebesar 0,886 dari total istrumen pertanyaan sebanyak 17 setelah dikurangi dengan empat pertanyaan yang tidak valid. Selain itu koefisien Cronbach alpha yang semakin mendekati 1 menunjukkan konsistensi reliabilitas internalnya.

Tabel 3.2 Uji reliabilitas Sementara

Cronbach’s Alpha

N of Items

.886

17

                  Sumber:  Hasil pengolahan data kuisioner sementara, 2010

Karena nilainya lebih dari 0,334 (r tabel) maka dapat disimpulkan bahwa butir-butir instrumen tersebut reliabel. Ini artinya bahwa istrumen yang digunakan penulis berupa kuisioner dalam penelitian ini dapat disebarkan sesuai jumlah sampel yang  telah ditentukan untuk penelitian lebih lanjut.

3.6.2    Teknik Analisis Data

Dalam penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif yaitu variabel tertentu yang akan dipelajari dapat disajikan dalam bentuk angka sedangkan teknik kualitatif ialah karakteristik atau variabel tertentu yang akan dipelajari bukan angka (Setiawan, 2005).

Dimana dalam analisis ini menggunakan paket program SPSS 17 (Statistical Package for Social Scince). Selanjutnya untuk lebih menguatkan kajian teoritis dalam bab II dilakukan pengujian untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan persepsi antara mahasiswa dan mahasiswi akuntansi universitas hasanuddin terhadap fraud. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan independent sample T-Test.

3.8       Sistematika Penelitian

Penelitian skripsi ini dibagi dalalm 5 (lima) bab dengan gambaran sebagai berikut :

BAB I      :      Pendahuluan merupakan bab yang membahas latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, yang menjelaskan kondisi umum permasalahan yang diangkat dalam penelitian serta alasan utama tema penelitian yang dibahas.

BAB II     :      Landasan teori merupakan bab yang membahas tentang teori-teori yang relevan dan mendasari di dalam penelitian skripsi ini.

BAB III : Metode penelitian merupakan bab yang berisi penjelasan tentang daerah penelitian, metode pengumpulan data, jenis dan sumber data, metode analisis dan sistematika penelitian.

BAB IV : Gambaran umum instansi merupakan bab yang berisi gambaran umum jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin serta gambaran umum mahasiswa-mahasiswanya.

BAB V : Pembahasan merupakan bab yang berisi proses yang mendasari persepsi mahasiswa Akuntansi Universitas Hasanuddin dalam melihat fraud sebagai suatu tindakan yang tidak benar.

BAB VI  : Penutup merupakan bab yang berisi mengenai kesimpulan dan saran yang diberikan kepada instansi berdasarkan hasil penelitian.

About these ads

About adriansyahnantu

Terima kasih telah berkunjung di Blog sederhana ini. Tentang Saya silahkan lihat di page profil. Silahkan mengutip atau meng-copy paste tulisan dari blog saya, tapi cantumkan blog saya ini sebagai referensi/sumber. Semoga bermanfaat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: